Latest News

Mau Tahu Motion Grafis Desain itu apa..???

Motion Grafis / MOGRAPH
istilah tersebut bagi orang yang baru mengenal desain grafis akan bertanya, apa sih motion grafis desain?
mungkin dengan sedikit ilmu dan teori berdasarkan pengalaman saya ,coba saya jabarkan...sebenarnya apa sih yg di maksud dengan MOGRAPH atau Motion Grafis itu...!

jadi begini ......

Motion Grafis merupakan pengembangan dari seni desain grafis.
motion grafis biasa di gunakan dalam dunia broadcast, periklanan dan film.
antara lain ;opening program ,flash bumper, Promo Program, typografi title Film atau sinetron,komposisi dalm film animasi,opening game, Video Klip,stasiun id atau animasi logo stasiun atau logo perusahaan, bahkan comprof(company profile)
jadi bisa dikatakn motion grafis itu kurang lebih penggabungan gambar,entah itu foto, ilustrasi,atau bentuk lain dari artistik digital yang berbasis visual dengan gambar video(footage)) dalam sebuah komposisi desain serta di kombinasikan dengan instrumen musik.
durasi dari motion grafis ini relatif sesuai kebutuhan dan durasi yg di tentukan tapi maksimalnya biasa 30-40 detik. minimal 1-2 detik khusus untuk flash bumper yg biasa di pakai saat program acara olahraga seperti sepak bola,badminton, tinju dll yg diputar saat replay. untuk bumper opening atau stasiun Id bisa sekitar 10-20 detik.

dalam dunia broadcasting kehadiran motion grafis sangat diperlukan. motion grafis merupakan bagian yg sulit dipisahkan. kebutuhan-kebutuhan yg biasa dipakai :
-Stasiun ID : grafis animasi logo dari stasiun TV
-OBB/CBB : opening Bumper Program/Closing Bumper Program
untuk opening awal program biaanya berdurasi 15-20detik, dan closing atau opening segmentnya 5 detik yg biasa di sebut bumper program
-Grafis News : pembuatan Ilustrasi atau grafik kontent2 data pada pemberitaan
-Grafis Promo : motion grafis untuk pembuatan promo program
-grafis template generik title : grafis yg du gunakan untuk menulis nama nara sumber, presenter, lokasi serta data. letaknya biasa di pinggir bawah layar tv
-superimose : animasi grafis yg biasa berada pada pojok/pinggir2 layar tv yg kontentnya berisikan iklan salah satu produk. durasinya kirang lebih 5 detik
-ikon : logo stasiun tv biasa berada pada pojok kanan atas pada layar tv
-bumper flash/slomo : grafis yg biasa di temukan di program2 olahraga berdurasi 1-2 detik biasa di tampilkan saat tayangan replay.
-teaser: grafis sebelum closing segment yg beiasa bertuliskan next..., atau berikutnya dll
-video looping: grafis yg biasa di gunakan saat show yg mainkan pada media led/lcd yg terdapat di stage atau studio
-print add untuk kebutuhan off air: hasil kontent project mograph yg print untuk kebutuhan presentasi program, benner, dan kebutuhan2 promosi, publik relation dan lainnya.

kalau dalam Film & Iklan penggunaan motion grafis biasa di pake pada:
Typografi Title : Tulisan nama pemain pada awal Film, Judul Film , dan kadang beberapa sequence dalam film seperti efek2 tulisan atau di kompositing bersama dengan visual efek

Menjadi motion grafis desainer hal utama yg di perlukan adalah bakat desain serta taste visual yg baik. sekedar minat saja tidak cukup dalam mempelajari seni motion grafis. karena dalam prinsisp praktisnya seorang motion desainer perlu memiliki karakter kemampuan sebagai desain grafis,animator,ilustrasir,videografi serta director meskipun kemampuan yg dimiliki tidak lebih detail minimal kemampuan dasar dari beberapa potensi tersebut sudah dimiliki dan di fahami.
bisa di ibaratkan bahwa seorang motion desainer merupakan art director dari element2 visual. membuat skenarionya entah melalui storyboard atau hanya merekamnya dalam otak saja, kemudian memilih dan mencari materi entah dari footage, still image, fotografi, animasi, sketsa ilustrator atau 3d model kemudian mengkomposnya sesuai ide yg sudah terekam dalam otak dan tentukan konten materi sebagai pesan utamanya. jgn terfokus pada satu program saja seperti 3d, apa lagi satu software, karena percuma kalau punya desain modeling 2nya canggih , rendernya bisa berjam2 ternyata kompositingnya lemah......bisa2 karya yg di hasilkan jadi kurang menarik dan garing bangats
menggunakan software terupdate, atau hardware yg canggih juga tidak menjamin seorang motion desainer dapat menghasilkan karya yg baik atau bagus. namun yg terpenting adalah daya kreatif kita serta taste yg baik, sehingga dengan keterbatasan yg ada kita bisa menghasilkan karya mograph yg baik pula. yg terpenting dalam sebuah project mograph adalah visual message pesan visual sesuai kontent programnya.

Hal yg sangat penting bagi seorang motion grafis desainer adalah
motion grafis adalah bidang yg dinamis dan cepat berubah seperti halnya ilmu desain grafis pada umumnya, dan motion grafis sendiri memiliki banyak karakteristik style desain yg berbeda2 maka dari itu yang terpenting bagi seorang motion grafis desainer adalah:
selalu mencari hal yg baru dan style yg baru. jangan pernah berhenti untuk belajar dan mencari tahu tekhnik-tekhnik motion dan kompositing yg baru dari beberapa referensi yg kita dapatkan serta usahakan untuk ciptakan hal atau style baru yg kita temukan agar bisa menjadi trendseter dalam karya mograph
sekali lagi jangan pernah berhenti belajar dan mencari tahu!

SENJATA YG SERING SAYA PAKAI DALAM MOTION GRAFIS DESAIN

After Effect 7 dan CS3
Adobe Photosop 7.0 dan CS3
3d Max Autodesk 9 / 2010
Maxon Cinema 4D release 11 dan 11.5
Adobe Ilustrator CS3
Quick Time Player move
sony Vegas 7 untuk video converter(kalo di butuhkan)
PROGRAM LAINNYA
Combustion
Maya
Lightwave
Flint or Flame
Shake
Motion
Flame
Softimage XSI




NEXT.......
PROSES DAN TAHAP-TAHAP PERACIKANNYA



9 comments:

cHugy - gOgOg said...

Motion garfic memang jarang disadari kemunculanya tak salah kalau motion grafic ini juga disebut dengan Invisible art....yang muncul tapi tidak disadari oleh yang melihat...!!!

Informasi yang mnarik..lams knal dr chugy...bnyak ilmi yg bisa di pelajari disini. trimakasih.

Dito said...

Mas, bisa nggak bikin tutorial? Dikit-dikitlah yang penting bisa buat belajar.

Wiyan Wahyoedhien said...

@chugi: yup anda benar sekali sob, thanks kunjungnya. met kenal

@Dito: Insya Allah, nanti saya cb bagi2 ilmu dan pengalamn saya. newbie juga nih masih sambil belajarlah. tks blog walkingnya

Dito said...

Sama-sama...
Wah... newbie aja karya nya kaya' pro, gimana kalau udah pro. hahaha...
Saya tunggu tutorialnya dan terima kasih.

Anonymous said...

apakah motion graphic sama dengan animasi 2D??? kalau memang tdk sama ap perbedaannya dengan animasi 2D dan motion graphic??

Ahmil said...

wah mantep nih tutorialnya,,,,bagus buat pemula seperti saya hehe,,mampir ke blogku juga yah,,aahyy

Wahyu said...

Keren2 Hasil Karyanya,,,
Bagi2 Dung Ilmunya,,

Wiyan Wahyoedhien said...

thanks @wahyu....

Wiyan Wahyoedhien said...

@Anonymous: sebenarnya aimasi 2d atau 3d itu lebih spesifik. tapi motion grafis bisa di buat dari animasi 2d/3d, boleh dikata animasi itu bagian dari motion grafis juga. cuman. motion grafis bisa di buat dari materi2 animasi, bahkan stop motion yg jika di "bumbui" dengan beberapa elemen2 grafis maka bisa di katakan motion grafis. motion grafis juga tidak cuman kita jumpai di tv broadcas,iklan atau film aja kok, di web banner animasi pun termasuk dalam kategori motion grafis.

Share Pengunjung

users online

ATAENDE MOTIONDESIGN Designed by Templateism.com Copyright © 2014

wiyan wahyoedhien. Theme images by Bim. Powered by Blogger.